Sinopsis '5 Centimeters Per Second'


“5 Centimeters Per Second” adalah film animasi Jepang tahun 2007 arahan sutradara ternama Makoto Shinkai. Film ini dibuat berdasarkan kehidupan tokoh nyata bernama Takaki Tohno, sejak dia sekolah dasar di awal 1990-an sampai dia dewasa di zaman modern Tokyo, yang dikemas dalam tiga segmen yang saling berhubungan. Film ini memenangkan Platinum Lancia Grand Prize untuk film terbaik animasi atau efek khusus pada Future Film Festival and Best Animated Feature Film pada Asia Pacific Screen Awards 2007. Film ini telah dibukukan, ditulis sendiri oleh Shinkai, dan juga diterbitkan dalam bentuk manga.

Film anime ini dibagi menjadi tiga babak, masing-masing dibawakan narator yang membawakan cerita mengenai perjalanan hidup seorang pria yang bernama Tohno Takaki beserta hubungannya dengan dua perempuan yang bernama Shinohara Akari dan Sumida Kanae.


Sinopsis


Chapter 1:  Oukashou (The Chosen Cherry Blossoms)
Narator :  Tohno Takaki.
Bercerita tentang dua siswa SD bernama Takaki dan Akari yang baru saja pindah ke Tokyo dan menempati kelas yang sama. Banyaknya persamaan diantaranya membuat hubungan mereka berdua lebih dekat dari pada siswa lainnya. Sampai akhirnya pada usia 13 tahun, Akari pindah sekolah mengikuti orang tuanya ke daerah Tochigi yang jaraknya lumayan jauh dari Tokyo. Saat sampai kelas dua SMU, giliran Takaki yang pindah ke daerah Kagoshima, sehingga Takaki memutuskan untuk mengunjungi dan bertemu Akari sebelum jarak memisahkan mereka semakin jauh.

Chapter 2:  Kosmonauto (Cosmonaut)
Narator :  Sumida Akane.
Chapter kedua ini berkisar pada saat Takaki kelas 3 SMU di daerah Kagoshima. Di sini Takaki bertemu dengan tokoh baru, seorang gadis teman sekelas yang menjadi narator cerita yaitu Akane. Cerita berfokus pada sosok Akane yang jatuh cinta pada Takaki sejak pandangan pertama.

Chapter 3:  Byousoku 5 senchimehtoru (5 Centimeters Per Second)
Narator :  Tohno Takaki.
Di babak terakhir ini, Takaki telah lulus sekolah dan bekerja di sebuah perusahaan. Babak terakhir ini diawali dengan Takaki yang masih belum dapat melepaskan dirinya dari bayangan masa lalunya bersama Akari, sedangkan Akari sendiri sudah bertunangan dengan orang lain.

“Byousoku 5 Centimeters” adalah kata-kata yang diucapkan Akari pada awal cerita. Kata-kata itu merujuk pada laju jatuh bunga sakura ke tanah. Film ini mengambil tema yang berkisar pada jarak dan waktu yang mewarnai perjalanan antar tokohnya.

Walau film ini sudah lama tapi masih ada di benak saya untuk menonton ulang lagi film ini kembali, mungkin yang udah nonton juga pengen nonton lagi dan buat yang belom tau sama film ini wajib ditonton nih anime yang satu ini.

0 komentar:

Post a Comment